Tuesday, May 10, 2016

KEINDAHAN PANTAI PARIAMAN

Berlibur di pantai, siapa bilang nggak asyik. Pemandangan yang ramah dan bersahaja menambah nikmatnya bermain di pantai. Apalagi pantai di Pariaman yang cocok buat ngumpul bareng keluarga maupun teman-teman.

Pantai utama di Pariaman adalah Pantai Gandoriah yang terletak 1,5 km dari pusat kota. Kita bisa tadabbur alam lho di sana. Pantainya juga rame dengan pengunjung apalagi jika musim liburan. Selain pantainya, sobat bisa menikmati kuliner khas Pariaman. Ada hal unik lho di sini, namanya es krim pot dan es krim tempurung. Selain bentuknya yang benar-benar menyerupai tanaman dalam pot juga rasa yang enak menambah keinginan para pembeli. Nggak rugi deh kalau nyoba. Harganya juga ekonomis. Kalian juga bisa menikmati Pulau Angso Duo yang terletak di seberang Pantai ini. Pengunjung yang ingin ke pulau cukup menggunakan jasa perahu nelayan atau speedboat. Emang ngapain di sana? Kita bisa menikmati alam nan indah. Hamparan pasir putih bersih, wisata religi kuburan panjang dan melakukan aktifitas pantai pada umumnya seperti berenang, snorkling dan memancing.

Jika pengen bersantai dan jauh dari kebisingan nggak usah khawatir. Ada Pantai Cermin sebagai alternative lain. Pantai cermin terletak di desa karan aur, nggak jauh kok kira kira setengah kilo dari Gandoriah. Pantai ini banyak ditumbuhi pohon pinus dan pohon kelapa yang rindang. Potensi alam sangat menarik untuk dinikmati karena kondisi pantai relatif terjaga. Warna pasir kuning gading tanpa lumpur, menambah asyiknya berwisata bersama keluarga. Fasilitas di area ini cukup memadai dan relatif aman. Di lokasi ini terdapat berbagai rumah makan yang cukup representatif menyediakan menu seperti gulai kapalo ikan, cumi goreng dan aneka jenis ikan laut dan minuman segar lainnya.

Tak jauh dari Pantai Cermin, ada Pantai Kata. Kata adalah nama dua desa yang berdekatan yaitu “Karan Aur dan Taluk”. Karena berlokasi pada dua daerah ini, maka pantai indah ini dinamakan Pantai Kata. Pantai ini juga terkenal indah, dengan perpaduan kerindangan cemara dan hembusan semilir angin laut nan nyaman serta pasir putih yang bersih. Menuju pantai ini, pengunjung juga bisa menggunakan sarana trasportasi tradisional, yakni bendi, ojek, dan angkutan kota.

Bagi sobat yang ingin menikmati sunset, Pantai Muaro Manggung adalah destinasi yang cocok banget. Pantai ini terletak 5 km dari pusat kota. Masuk ke pantai ini seperti pantai lainnya pengunjung nggak akan diminta bayaran, alias free. Pantai ini banyak dikunjungi pada waktu sore hari. Selain menikmati sunset kita bisa melakukan aktifitas lainnya seperti jogging, memancing, dan ngumpul bareng teman. Pantai Muaro Manggung direncanakan menjadi objek wisata unggulan di Kota Pariaman, namun sampai sekarang ini pengerjaanya masih dalam tahap pembangunan dan pengembangan. 500 meter dari pantai ini, kita bisa mengunjungi Pusat Konservasi Penangkaran Penyu Kota Pariaman. Ada banyak jenis penyu di sana. Itulah destinasi pantai di Pariaman yang cocok buat liburan semester kali ini.

No comments:

Post a Comment